Tentang Website

St. Jerome in His Study by Marinus van Reymerswaele. Sumber: Wiki Commons.

+++

Pustaka Katolik adalah karya kerasulan pribadi yang menyediakan terjemahan buku-buku lama mengenai iman Katolik, yang diterbitkan dalam bahasa Inggris sejak ratusan tahun yang lalu, yang masa berlaku hak ciptanya sudah habis dan ada dalam public domain.

Website ini dibuat ketika dunia sedang mengalami pandemi COVID-19, pada tanggal 16 April 2020, bertepatan (secara kebetulan) dengan ulang tahun Paus Emeritus Benediktus XVI, sosok yang menjadi inspirasi dan teladan bagi saya, dan dibuka secara publik pada 31 Mei 2020, Hari Raya Pentakosta (Turunnya Roh kudus atas para rasul).

Tujuan website ini adalah mengajak kita menemukan kembali akar Kekristenan kita, untuk menyajikan sebagian aspek kekatolikan yang sejati dan otentik, melalui buku-buku lama yang berkualitas, yang dapat diakses secara cuma-cuma di internet.

Oleh karena itulah, buku-buku yang diterjemahkan adalah buku yang isinya selaras dengan ajaran Magisterium Gereja Katolik, yang ditulis oleh pengarang yang terpelajar, terhormat, dan memiliki reputasi pribadi yang baik, tidak hanya terbatas pada orang kudus saja. Selain itu, sebisa mungkin buku tersebut sudah mendapat nihil obstat dan imprimatur. Apabila terdapat kesalahan dalam isi dan terjemahan, maka ini sepenuhnya adalah kesalahan saya dan saya memohon maaf karena kurang cermat dalam memperhatikan isi dan terjemahan. Silakan memberi masukan sehingga hal tersebut dapat diperbaiki ke depannya.

Apalagi Anda mengetahui kalau buku-buku yang diterjemahkan di sini memiliki hak cipta yang masih berlaku, mohon informasikan hal tersebut kepada saya.

Pada tanggal 30 September 2020, persis pada hari peringatan St. Hieronimus, yang merupakan seorang cendekiawan, penerjemah dan penafsir Kitab Suci yang cemerlang, saya memutuskan untuk menjadikannya sebagai pelindung website ini. Hari ini juga merupakan peringatan kematiannya 16 abad yang lalu, dan untuk merayakannya, Paus Fransiskus mengeluarkan Surat Apostolik tentang St. Hieronimus. Oleh karena itu, Santo Hieronimus, doakanlah kami!

+++

Saya percaya bahwa membaca buku yang memperdalam wawasan tentang iman Katolik dapat menjadi salah satu jalan untuk menjadi kudus. Silakan membaca tulisan saya berikut ini: Buku dalam Perspektif Katolik: Sisi Terang Bacaan Rohani (Part 2)

Singkatnya, tagline website ini menggambarkan misinya: “Reading has made many Saints!”

Akhir kata, sebelum membaca, marilah kita mengingat nasihat dari St. Bonaventura, yang dikutip oleh Paus Benediktus XVI:

“Because God is on high”, [St. Bonaventure] writes, “it is necessary to make every effort to raise one’s mind to him (De reductione artium ad theologiam, n. 25). Thus, Bonaventure plots a demanding route of faith on which reading will not suffice “without unction, speculation without devotion, investigation without admiration, observation without exultation, diligence without compassion, industry without piety, knowledge without love, understanding without humility, study without divine grace, the mirror without divinely inspired wisdom” (Itinerarium mentis in Deum, prol. 4).

Pastoral Visit to Viterbo and Bagnoregio

© Copyright Pustaka Katolik – 2020 All rights reserved. Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan “www.pustakakatolik16.wordpress.com” dan tidak untuk kepentingan komersial.

2 thoughts on “Tentang Website

Leave a comment